Tim Forensik Ungkap Otak Brigadir J Pindah ke Dada

  • Arry
  • 22 Agt 2022 19:36
Ilustrasi otak manusia(@natcon773/unsplash)

Otak Brigadir J alias Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat tidak berada di kepalanya. Tapi diketahui berada di dada.

Berpindahnya otak Brigadir J ini awalnya diembuskan pengacara Yosua, Kamaruddin Simanjuntak. Menurutnya, keberadaan otak Yosua diketahui saat autopsi kedua dilakukan.

Ketua Tim Dokter Forensik autopsi ulang Brigadir J, Ade Firmansyah Sugiharto, mengungkapkan kenapa otak Brigadir J berada di dada.

"Jadi kita semua, apa yang didapatkan pada tubuh korban yang jelas sudah dikembalikan ke tubuh korban dan memang ada hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah adanya misalnya kebocoran," kata Ade Firmansyah di Jakarta, Senin, 22 Agustus 2022.

Baca juga
11 Hasil Autopsi Brigadir J Versi Pengacara: Retakan Tengkorak Hingga Otak di Perut

"Karena banyak luka-luka di tubuh korban dan yang jelas tidak ada organ yang hilang dan semua dikembalikan ke tubuh jenazah," ujarnya.

Ade pun menegaskan, tidak ada luka di tubuh Yosua selain luka tembak.

"Kita melihat bukan arah tembakan tapi arah masuknya anak peluru. Kita lihat ada 5 luka tembak masuk dan 4 luka tembak luar dan itu bisa dijelaskan dari hasil pemeriksaan kami," ujarnya.

Baca juga
Organ Otak Brigadir Yosua Pindah ke Perut, Begini Reaksi Komnas HAM

"Dua luka fatal, yaitu di daerah dada, kepala," ucapnya.

Melansir jurnal di situs Quora, seorang investigator kematian medikolegal bernama Zoe-Anne Barcellos menjelaskan soal organ tubuh yang tidak dikembalikan pada tempatnya.

"Tidak ada alasan untuk menempatkan setiap organ kembali ke tempat anatomisnya yang benar. Tidak ada yang menahan mereka di tempat, mereka hanya akan rontok semua di dalam (bila dipaksakan dipasang sesuai tempatnya semula)," kata Zoe.

"Saya yakin gravitasi akan membuatnya mendorong tengkorak terpisah di belakang dan otak bersandar pada kulit kepala. Ini akan mendistorsi fitur wajah. Tidak ada gunanya, Anda tidak lagi membutuhkan otak Anda di tengkorak Anda," kata Zoe.

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait