Check In di Hotel Berdua dengan Bukan Muhrim Bisa Dipenjara 6 Bulan

  • Arry
  • 22 Okt 2022 18:53
Ilustrasi check in di hotel(ist/ist)

Perhatian bagi pelancong yang bepergian dengan lawan jenis dan belum terikat pernikahan. Sebab, kini tengah digodok aturan check-in di hotel dengan yang bukan muhrim bisa dipidana.

Hal tersebut diatur dalam ketentuan kumpul kebo yang tercantum dalam daf Rancangan Kitab Undang-undang Hukum Pidana atau KKUHP.

Draf RKUHP itu sudah disampaikan pemerintah ke DPR. Rancangan ini disebut bakal diundangkan pada akhir 2022 ini.

Berikut aturan terkait kumpul kebo dalam RKUHP:

Pasal 416

(1) Setiap Orang yang melakukan hidup bersama sebagai suami istri di luar perkawinan dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 (enam) Bulan atau pidana denda paling banyak kategori II.

Pidana ini merupakan delik aduan. Pihak yang bisa melaporkan adalah:

a. Suami atau istri bagi orang yang terikat perkawinan; atau
b. Orang Tua atau anaknya bagi orang yang tidak terikat perkawinan.

Pada ayat (3) disebutkan, laporan tidak dapat dilakukan jika termasuk dalam ketentuan yang diatur dalam Pasal 25, 26 dan 30 di RKUHP tersebut:

Pasal 25

(1) Dalam hal Korban Tindak Pidana aduan belum berumur 16 (enam belas) tahun, yang berhak mengadu merupakan Orang Tua atau walinya.

(2) Dalam hal Orang Tua atau wali sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak ada atau Orang Tua atau wali itu sendiri yang harus diadukan, pengaduan dilakukan oleh keluarga sedarah dalam garis lurus.

(3) Dalam hal keluarga sedarah dalam garis lurus sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak ada, pengaduan dilakukan oleh keluarga sedarah dalam garis menyamping sampai derajat ketiga.

(4) Dalam hal Anak tidak memiliki Orang Tua, wali, atau keluarga sedarah dalam garis lurus ke atas ataupun menyamping sampai derajat ketiga, pengaduan dilakukan oleh diri sendiri dan/atau pendamping.

Pasal 26

(1) Dalam hal Korban Tindak Pidana aduan berada di bawah pengampuan, yang berhak mengadu merupakan pengampunya, kecuali bagi Korban Tindak Pidana aduan yang berada dalam pengampuan karena boros.

(2) Dalam hal pengampu sebagaimana dimaksud pada ayat (1) tidak ada atau pengampu itu sendiri yang harus diadukan, pengaduan dilakukan oleh suami atau istri Korban atau keluarga sedarah dalam garis lurus.

(3) Dalam hal suami atau istri Korban atau keluarga sedarah dalam garis lurus sebagaimana dimaksud pada ayat (2) tidak ada, pengaduan dilakukan oleh keluarga sedarah dalam garis menyamping sampai derajat ketiga.

Pasal 30

(1) Pengaduan dapat ditarik kembali oleh pengadu dalam waktu 3 (tiga) Bulan terhitung sejak tanggal pengaduan diajukan.

(2) Pengaduan yang ditarik kembali tidak dapat diajukan lagi.

Baca juga: RUU KUHP: Hina Presiden Dibui 4 Tahun, Hina Anggota DPR Hingga Polisi Pidana 2 Tahun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait