Satgas BLBI Kejar 2 Keluarga Cendana dan Bakrie

  • Arry
  • 15 Sep 2021 19:48
Satgas BLBI Sita Aset Milik PT Lippo Karawaci(Kementerian Keuangan/youtube)

Satgas Bantuan Likuiditas Bank Indonesia atau BLBI terus mengejar para debitur dan obligor. Diketahui kasus ini merugikan negara hingga Rp138 triliun.

Dari belasan obligor dan debitur BLBI, terselip nama dari keluarga terpandang di Indonesia. Yakni keluarga Cendana atau keluarga mantan Presiden Soeharto, dan keluarga pengusaha Bakrie.

Untuk keluarga Cendana, Satgas BLBI telah melayangkan panggilan kepada Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto dan putri sulung Soeharto, Siti Hadijanti Rukmana alias mbak Tutut, dalam daftar prioritas.

Sementara dari keluarga Bakrie, Satgas memanggil dua nama yakni Nirwan Bakrie dan Indra S Bakrie. Mereka diminta bertemu Satgas pada Jumat, 17 September 2021.

Baca Juga:
Satgas BLBI Sita 44 Tanah Rp1,3 Triliun, PT Lippo: Bukan Milik Kami

Apa keterkaitan keluarga Cendana dan Bakrie itu dalam kasus BLBI?

Tommy Soeharto

Satgas BLBI menyatakan Tommy Soeharto memiliki utang sebesar Rp2,61 triliun. Utang itu terkait dengan perusahaan mobil PT Timor Putra Nasional. Selain Tommy, Satgas juga memanggil Ronny Hendrato Ronowocaksono dari PT Timor.

Pemanggilan Tommy bukan sebagai obligor dana BLBI. Namun, nama Tommy masuk daftar panggilan karena utang yang dimiliki PT Timor. Perusahaan itu menunggak utang ke belasan bank yang menjadi pasien BLBI yang kini sudah melebur menjadi Bank Mandiri.

Tutut Soeharto

Mbak Tutut mendapatkan dana BLBI lewat PT Citra Mataram Satriamarga, PT Marga Nurindo Bhakti, PT Citra Bhakti Margatama Persada.

Tutut belum pernah dipanggil Satgas BLBI. Namun, Satgas telah menyita tanah seluas 26.928,9 m2 milik eks debitur BLBI, PT Sinar Bonana Jaya eks Bank Yakin Makmur (YAMA) di Karet Tengsin, Jakarta Pusat.

Bank Yama merupakan salah satu bekas debitur BLBI. Bank ini disebut sebagai penyedia jasa keuangan milik mbak Tutut.

Nirwan dan Indra Bakrie

Nirwan dan Indra dipanggil terkait tanggungan utang yang harus dibayar oleh debitur BLBI eks Bank Putera Multikarsa. Nilainya mencapai Rp22,6 miliar.

Soal pemanggilan ini, Juru Bicara keluarga Bakrie, Lalu Mara Satriawangsa, menyatakan keluarga Bakrie tidak memiliki utang BLBI. "Bakrie tidak memiliki Hutang BLBI, silakan klarifikasi langsung dengan Satgas BLBI," kata Lalu Mara.

 

Baca Juga:

Pesawat Rimbun Air Ditemukan Hancur di Pegunungan Papua
Djoko Tjandra Dapat Remisi 2 Bulan di HUT RI, Ini Alasan Kemenkumham
Ini Spek iPhone 13, iPhone 13 Mini, iPhone 13 Pro, iPhone 13 Pro Max
Heboh Dokter di Semarang Campurkan Sperma ke Makanan Istri Teman
Kasus Pembunuhan Ibu-Anak di Subang Kini Ditangani Bareskrim Polri

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait