Benda Misterius Diduga UFO Melayang di Langit Lampung, Ini Penjelasan BRIN

  • Arry
  • 31 Jul 2022 20:48
Benda misterius diduga UFO melayang di langit Lampung(ist/ist)

Sebuah benda misterius yang diduga adalah UFO melintas di langit Lampung. Badan Riset dan Inovasi Nasional atau BRIN memberikan penjelasan mengenai benda aneh itu.

Kehadiran benda langit tersebut membuat heboh warga Lampung. Sebab, benda aneh itu melayang di saat malam 1 Suro alias Tahun Baru Hijriah.

Apa sebenarnya benda langit tersebut?

Ahli astronomi dan astrofisika dari Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Thomas Djamaluddin, menjelaskan, benda aneh yang menyala di langit Lampung itu bukanlah sebuah UFO. Benda itu adalah pecahan sampah antariksa milik China.

"Kalau itu tengah malam tadi, itu adalah pecahan sampah antariksa CZ5B milik RRT (Republik Rakyat Tiongkok)," ujar Thomas.

"Alhamdulillah, sampah antariksa besar, bekas roket peluncuran RRT CZ5B berbobot sekitar 20 ton berukuran 30 meter telah terkonfirmasi jatuh di Samudera Hindia tadi malam, 30 Juli 2022, pukul 23.45 WIB," ungkapnya.

Menurutnya, pecahan roket milik China itu bisa tersebar di Sumatera hingga Kalimantan Barat.

"Data orbit dari pemantauan space-track.org menunjukkan titik jatuh di barat daya Indonesia. Namun bisa jadi ada pecahannya yang mungkin tersebar sepanjang lintasan terakhir orbitnya yang melintasi Sumatera bagian selatan dan Kalimantan Barat," jelasnya.

"Bila ada yang melihat objek langit yang jatuh sekitar pukul 23.45 WIB segera melaporkan ke Pusat Riset Antariksa BRIN," ujarnya.

"Ada laporan pecahannya terekam oleh kamera pemantau meteor Itera di Lampung dan juga terlihat antara Kalimantan dan Filipina," lanjutnya

 

Artikel lainnya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait