7 Keutamaan Membaca Surat Yasin di Malam Jumat

  • Arry
  • 1 Sep 2022 18:14
Membaca Alquran(freebiespic/pixabay)

Membaca Surat Yasin saat malam Jumat atau Yasinan saat malam Jumat merupakan salah satu ibadah yang dianjurkan untuk dikerjakan.

Keutamaan membaca Surat Yasin saat malam Jumat ditegaskan dalam Hadits riwayat Abu Daud.

“Barangsiapa membaca surat Yasin dan al-Shaffat di malam Jumat, Allah mengabulkan permintaannya.” (HR Abu Daud dari al-Habr).

Surat Yasin ini biasa dibaca saat kita berharap kesembuhan. Selain itu, Surat Yasin ini juga menjadi pengantar kepulangan seseorang saat tanda kematian telah dekat.

Dalam hadits Ma'qal bin Yasar juga disebutkan bahwa:

"Surat Yasin adalah jantung Al-Qur'an. Siapa saja yang membacanya semata-mata karena Allah dan berharap kebahagiaan akhirat maka ia akan diampuni. Maka bacakanlah Yasin di samping saudaramu yang sedang sekarat."

Lalu, apa saja keutamaan membaca Surat Yasin di malam Jumat, berikut 7 keutamaannya:

1. Diampuni dosa-dosa

Berdasarkan hadist riwayat At Thabrani, keutamaan Surat Yasin yang pertama adalah diampuni dosa-dosa.

“Siapa yang membaca (surat) Yasin pada malam hari dengan mengharap keridhaan Allah maka diampuni dosa-dosanya.”(HR. At Thabrani dan Al-Baihaqi,dari Abu hurairah ra).


2. Dianggap mati syahid

Masih dalam riwayat At-Thabrani, seseorang yang rutin membaca Surat Yasin setiap malam akan dipermudah ajalnya.

“Barangsiapa yang membiasakan membaca yasin setiap malam maka tanpa terduga dia menemui ajalnya, maka matinya dalam keadaan syahid.” (HR.At- thabrani, dari pernyataan Anas bin malik).


3. Mempermudah segala urusan

Membaca Surat Yasin juga dipercaya bisa mempermudah berbagai masalah. Menurut Sunaan daarimi juz 2 halaman 549, menyatakan bahwa:

“Barangsiapa yang membaca surat yasin dari pagi hari, maka pekerjaan di hari itu dimudahkan dengan keberhasilan, dan jika membacanya di akhir suatu hari maka tugasnya hingga pagi hari berikutnya akan dimudahkan juga."

Baca juga
Keistimewaan Baca Surah Al-Kahfi di Hari Jumat


4. Mendapatkan ketenangan hati

Membaca Al-Qur'an berarti kita juga berzikir. Seseorang yang memperbanyak zikir, maka hatinya akan tenang.

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (QS. Ar-ra'd :28).

“Orang orang yang beriman hati mereka akan tentram dengan mengingat allah SWT . ingatlah hanya dengan mengingatnya maka hati menjadi tenteram.”(QS. Ar-ra'd :28).


5. Terhindar dari siksa kubur

Berdasarkan tafsir Nur ats-tsaqalayn 4/373, menyatakan bahwa:

“Barang siapa yang mengunjungi makam seseorang dan membacakan surat yasin maka pada hari itu allah SWT meringankan siksa kubur mereka dan diberikannya kebaikan bagi sejumlah penghuni kubur di kuburan itu.”


6. Mempermudah sakaratul maut

Berdasarkan tafsir Al-Quran Al azhim:

“Membaca surat yasin disisinya mayat akan menurunkan banyak rahmat dan berkah dan memudahkan keluarnya ruh .” (Tafsir Al-Qur'an Al-azhim 6/562 daran nassyr wat tauzi).

“Disunnahkan membaca surat yasin disamping seseorang yang sedang menghadapi kematian.” (Al – Majmu Syarh Al muhadzdzab 5 /76 Dari Alim alkitab).


7. Segala hajat dikabulkan

Keutamaan membaca Surat Yasin adalah dikabulkannya permoonan atau keinginan oleh Allah SWT. Hal ini seperti dijelaskan hadist:

“Barangsiapa yang membaca surat yasin sepenuhnya dan saat mencapai pada ayat 58 surat yasin tersebut diulang sebanyak 7 kali maka allah SWT akan mempermudah dan mengabulkan hajatnya.”

“Barangsiapa yang membaca surah yasin untuk memohon ridho Allah, maka akan diampuni dosanya yang telah lalu.” (Al-baihaqi dalam syu’abil iman serta ma'qil bin yasar rabersanma kanzul aumal Juz 112629).

Demikian keutamaan membaca Surat Yasin di malam Jumat. Semoga bermanfaat. Wallahu a'lam bisshawab.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait