Tips Menyeduh Kopi Agar Selezat Kedai Kopi Terkenal

  • Arry
  • 26 Jan 2023 09:56
Ilustrasi menyeduh kopi(ist/ist)

Meminum kopi sebelum beraktivitas dapat meningkatkan semangat. Terkadang kita membeli segelas kopi di kedai-kedai terkenal untuk mendapatkan rasa kopi berbeda dibanding bikinan sendiri.

Namun, Anda bisa kok menyeduh kopi agar selezat dengan kedai-kedai kopi terkenal. Caranya cukup mudah dan bisa dilakukan di rumah.

Penulis How to Make the Best Coffee at Home: “Take a month’s budget of cafe coffee and spend it on a grinder” James Hoffmann mengungkapkan, Anda bisa sedikit berinvestasi menyiapkan alat pembuat kopi di rumah. Namun hasilnya bisa menghemat keuangan selama satu tahun.

Menurut Hoffman, cara itu adalah dengan membeli mesin penggiling kopi dengan cara menyesuaikan ukurannya, seperti medium hingga medium-fine untuk teko kopi pres Prancis (cafetiere).

Baca juga
Minum Kopi Saat Perut Kosong, Aman Nggak?

“Tapi pastikan Anda mencari burr grinder untuk tekstur yang konsisten,” ujar Hoffman, dilansir The Guardian.

Selain itu, Anda juga bisa membeli satu set timbangan biji kopi. Jadi Anda bisa memastikan porsi di cangkir yang hendak diseduh.

“Timbangan dapur bekerja dengan baik,” kata Hoffmann.

Hal yang tak kalah penting adalah saat membeli biji kopi. Cari biji kopi yang dekat dengan tanggal pemanggangan.

Harris dari Ozone Coffee di London mengatakan, pembelian biji kopi tidak perlu banyak-banyak. Sebab, kesegaran biji kopi menjadi hal yang penting. Jadi beli sedikit saja dan sering. Selain itu jangan lupa simpan biji kopi di wadah yang kedap udara dan taruh di tempat gelap.

Baca juga
Minum Kopi vs Teh, Mana yang Terbaik Diminum Saat Pagi Hari

Harris menyarankan agar menyeduh bubuk kopi dalam waktu empat hingga enam pekan. Hal ini untuk mendapatkan rasa yang lebih baik.

Menurut Harris, asal kopi juga bisa meningkatkan kenikmatan. Hal ini sebenarnya tergantung dari selera tiap orang.

“Semakin tinggi kekuatannya, semakin gelap dan lebih pahit biji kopi yang sudah dipanggang,” ujarnya.

Namun Harris menyarankan hal yang sangat mudah dilakukan. Jika bingung dengan jenis kopi, Anda bisa membelinya di kedai kopi langganan. Pilihlah biji kopi yang memiliki kesegaran yang baik.

Baca juga
Pria Ini Bongkar Cara Hemat Beli Kopi di Starbucks, Bisa Dapat Diskon 50 Persen

Untuk menyeduh kopi tersebut, Hoffman mencontohkan mengaduk 18 gram kopi medium-fine ke dalam air 300 gram. Setelah itu, dia menggunakan 60-70 gram kopi per liter air di dalam cafetiere-nya.

Langkah selanjutnya adalah membiarkan kopi tersebut selama empat menit, mengaduk permukaan keras yang terbentuk di atasnya, dan mengambil residu. Biarkan bubuk kopi mengendap di dasar, lalu masukkan hanya sejauh permukaan cairan dan tuangkan dengan lembut.

Artikel lainnya: Nikmat Sih, Tapi Benarkah Kol Goreng Bisa Bikin Kanker? Ini Kata Ahli

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait