Kini Naik Pesawat di Jawa-Bali Tak Perlu Tes PCR, Cukup Antigen Saja

  • Arry
  • 1 Nov 2021 13:08
Ilustrasi Bandara(@JoshuaWoroniecki/pixabay)

Pemerintah kembali mengubah syarat naik pesawat untuk wilayah Jawa-Bali. Kini, penumpang tak perlu lagi tes PCR sebagai syarat terbang.

"Untuk perjalanan ada perubahan yaitu untuk wilayah Jawa dan Bali, perjalanan udara tidak lagi mengharuskan menggunakan tes PCR tetapi cukup menggunakan tes antigen," kata Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy dalam jumpa pers virtual, Senin, 1 November 2021.

"Sama dengan yang sudah diberlakukan untuk wilayah luar Jawa non Bali," imbuhnya.

Aturan perjalanan udara sebelumnya, calon penumpang pesawat harus menunjukkan kartu vaksin minimal dosis pertama. Selain itu, penumpang juga harus melampirkan hasil tes negatif PCR maksimal sampel diambil 2 hari sebelum penerbangan. Ketentuan ini berlaku untuk wilayah Jawa-Bali.

Artikel Terkait
Syarat Baru Naik Pesawat Saat PPKM, Tes Antigen Tak Berlaku Lagi

Aturan tersebut berdasarkan pada Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 53 Tahun 2021 tentang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3, Level 2 dan Level 1 Covid-19 di Wilayah Jawa dan Bali.

Dalam kesempatan itu, Muhadjir juga menyoroti pesiapan Natal dan Tahun Baru. Muhadjir memastian, pemerintah tengah menggodok aturan terkait pelaksanaan Natal dan Tahun Baru.

Baca Juga
Naik Mobil Pribadi atau Motor Jarak 250 Km Kini Wajib Tes PCR-Antigen

"Periode nataru akan diantisipasi oleh seluruh kementerian dan lembaga terkait dengan mengupdate aturan-aturan yang diperlukan untuk mencegah penularan Covid-19 dan penyebarannya. Di mana aturan tersebut adalah mengenai pergerakan orang, lokasi wisata, pertokoan, tempat peribadatan dan lain-lainnya," ucap Muhadjir.

"Bali menjadi perhatian khusus karena pada bulan Maret Mei dan sepanjang tahun 2022 ada acara-acara besar yang berskala internasional yang mengundang banyak pimpinan negara sahabat," ujarnya.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait