Kabar Gembira, Vaksinasi untuk Anak 6-11 Tahun Dimulai 24 Desember

  • Arry
  • 10 Des 2021 10:26
Ilustrasi Vaksin Covid-19(geralt/pixabay)

Kabar gembira bagi orang tua yang anak-anaknnya harus sekolah offline. Pemerintah kini telah mengizinkan anak berusia 6-11 tahun mendapatkan vaksinasi Covid-19 mulai 24 Desember 2021.

Ketentuan itu tertuang dalam Instruksi Menteri Dalam Negeri atau Inmendagri Nomor 66 Tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun 2021 Dan Tahun Baru Tahun 2022.

Dalam salah satu ketentuannya disebutkan soal vaksinasi anak.

"Memulai vaksinasi anak usia 6 tahun sampai dengan 11 tahun mencapai target minimal 70 persen dosis pertama total sasaran dan target minimal 60 persen dosis pertama lansia sesuai dengan aturan yang berlaku," bunyi Inmendagri huruf C angka (2).

Baca Juga
Kabar Gembira! Pemerintah Siapkan 3 Vaksin untuk Anak 5-11 Tahun, Vaksinasi 2022

Dalam Inmendagri itu juga diatur soal instruksi kepada kepala daerah untuk mempercepat pencapaian target vaksinasi di wilayahnya. Dalam aturan itu disebutkan, vaksinasi dosis pertama harus mencapai target 70 persen dan dosis kedua mencpai 48,57 persen dari total sasaran.

"Terutama vaksinasi bagi lansia sampai akhir bulan Desember 2021," bunyi aturan tersebut.

Baca Juga
Resmi, BPOM Izinkan Sinovac Jadi Vaksin Untuk Anak 6-11 Tahun

Rencana soal vaksinasi untuk anak berusia 6-11 tahun ini sebelumnya diungkapkan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Menurutnya, pemerintah sedang menyiapkan tiga jenis vaksin yang akan digunakan.

Ketiga vaksin yang saat ini sedang diuji klinik itu adalah Sinovac, Sinopharm, dan Pfizer.

"Untuk emergency use authorization sekarang sedang bekerja sama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), juga untuk memastikan bahwa kita bisa mengeluarkan (izin) sesegera sesudah di negara asal ketiga vaksin tersebut Sinovac, Sinopharm dan Pfizer bisa digunakan untuk anak-anak usia 5 sampai 11 tahun," katanya.

Baca Juga
Kabar Gembira, Vaksin Pfizer 90 Persen Efektif Untuk Anak 5-11 Tahun

BPOM pun sudah mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Sinovac untuk anak berusia 6-11 tahun.

"Pada hari ini kami menyampaikan telah diterbitkannya izin penggunaan Vaksin Covid-19 Sinovac untuk anak 6-11 tahun. Sekarag vaksin Sinovac bisa digunakan untuk anak 6-17 tahun dan dewasa," kata Kepala BPOM, Penny K Lukito, di Jakarta, Senin, 1 November 2021.

Penny menjelaskan, persetujuan dikeluarkan dengan mempertimbangkan keadaan emergency wabah pandemi Covid-19. Selain itu, juga didasarkan pada penilaian terhadap aspek efikasi dan keamanan Sinovac untuk usia 6-11 tahun.

Menurut Penny, vaksin Covid-19 untuk anak sangat diperlukan saat ini. Apalagi adanya pembukaan sekolah tatap muka.

Kapan vaksinasi dengan vaksin Sinovac bakal diberikan untuk anak 6-11 tahun?

Juru bicara vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan, dr Siti Nadia Tarmizi, menjelaskan, vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun baru bisa dilakukan selambatnya pertengahan 2022.

 

Baca Juga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait