Kisah Saat Nabi Muhammad SAW Tutup Kuping Saat Dengar Musik

  • Arry
  • 17 Sep 2021 06:17
Santri penghapal quran tutup kuping saat dengar musik ketika hendak disuntik vaksin Covid-19(@diaz.hendropriyono/instagram)

Persoalan musik dalam Islam menjadi bahan diskusi panjang bagi para ulama. Ada ulama ya memperbolehkan, ada pula yang menolaknya. Dan keduanya memiliki alasan yang sama-sama kuat.

Perdebatan soal musik ini pun sudah ada sejak zaman Nabi Muhammad SAW. Ada beberapa riwayat soal musik ini.

Dalam sebuah riwayat, Nabi Muhammad SAW diketahui pernah menutup telinganya saat mendengar alat musik. Saat itu, Rasulullah menutup telinganya karena mendengar suara seruling.

Baca Juga:
Viral Stafsus Presiden Nyinyir Santri Penghapal Quran Tutup Kuping

Dikutip dari rumaysho.com, disebutkan, Dari Nafi’, mantan hamba sahaya Ibnu ‘Umar, beliau berkata, yang artinya:

"Ibnu ‘Umar pernah mendengar suara seruling dari seorang pengembala, lalu beliau menyumbat kedua telinganya dengan kedua jarinya. Kemudian beliau pindah ke jalan yang lain."

"Lalu Ibnu ‘Umar berkata, “Wahai Nafi’, apakah kamu masih mendengar suara tadi?” Aku (Nafi’) berkata, “Iya, aku masih mendengarnya.”

Kemudian, Ibnu ‘Umar terus berjalan. Lalu, aku berkata, “Aku tidak mendengarnya lagi.”

Barulah setelah itu Ibnu ‘Umar melepaskan tangannya dari telinganya dan kembali ke jalan itu lalu berkata, “Beginilah aku melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika mendengar suara seruling dari seorang pengembala. Beliau melakukannya seperti tadi.” (HR. Ahmad).

 

Baca Juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait