Rekomendasi MUI Jawa Barat: Tutup Ponpes Al-Zaytun!

  • Arry
  • 1 Jul 2023 16:38
Ponpes Al-Zaytun(mahad al-zaytun/al-zaytun.sch.id)

Majelis Ulama Indonesia atau MUI Jawa Barat merekomendasikan agar Pondok Pesantren Al-Zaytun yang dipimpin Panji Gumilang di Indramayu ditutup.

Sekretaris MUI Jabar, Rafani Akhyar, rekomendasi agar Ponpes Al-Zaytun ditutup sudah disampaikan ke tim investigasi yang dibentuk Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

"Pada saat Menko Polhukam menyampaikan pernyataannya soal Al-Zaytun, itu sebetulnya rekomendasi kami dari tim investigasi yang dibawa oleh pak gubernur (Ridwan Kamil). Salah satu rekomendasinya iya itu (penutupan Al-Zaytun)," kata Rafani di Bandung, Sabtu, 1 Juli 2023.

Rafani menjelaskan, salah satu rekomendasi untuk Tim Investigasi Jabar adalah agar Al-Zaytun tidak lagi membuat kontroversi. Sebab, dikhawatirkan Al-Zaytun malah akan terus membuat kegaduhan ke publik.

Baca juga
Mengintip Sholat Idul Adha di Ponpes Al-Zaytun: Saf Renggang, Perempuan di Depan

"Karena paling tidak, kami khawatir kontroversi dia jalan terus dan makin mengundang kegaduhan. Komponen masyarakat kan terus akan melakukan demo, nah jadi bagi kami ini sudah mulai konkret akan ditindaklanjuti pemerintah pusat," ujarnya.

"Rekomendasi kita ke pemerintah kan supaya segera menangani secara konkret apapun (dugaan) pelanggaran yang terjadi di Al-Zaytun," ujarnya.

"Baik yang menyangkut pemahaman agama, maupun tindak pidana. Termasuk soal administrasi penyelenggaraan sistem pendidikannya," tutur Rafani menambahkan.

Baca juga
Dituding Jadi Beking Ponpes Al-Zaytun, Moeldoko: Memang Preman?

Sementara itu, Ridwan Kamil juga memastikan hasil pengusutan terhadap Al-Zaytun akan disampaikan hasilnya pekan depan oleh Menko Polhukam Mahfud Md.

"Kemungkinan hari Senin atau Selasa akan ada finalisasi dari pemerintah pusat, nanti Menko Polhukam yang akan menyampaikan secara detail," ujarnya.

"Intinya sedang dibahas, kemarin juga saya rapat bersama Menko PMK, Menko Polhukam. Pembahasannya sangat mendalam. Jadi tunggu saja, nanti ada penyampaian secara komprehensif," tutur Emil menegaskan.

Artikel lainnya: Viral Ranjau Paku Betebaran di Jalan Jakarta, Netizen: Bengkel Terdekat Pelakunya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait