Geger Artis Inisial R, Ini 10 Ciri Bisnis Artis dari Hasil Pencucian Uang

  • Arry
  • 2 April 2023 15:39
Ilustrasi pencucian uang(@tunat/pixabay)

Artis berinisial R disebut terlibat dalam pusaran kasus pencucian uang yang diduga melibatan bekas pejabat Diten Pajak Rafael Alun Trisambodo. Bagaimana ciri bisnis artis yang terkait pencucian uang?

Sosok artis inisial R ini pertama kali diungkap Sekretaris Pendiri Indonesian Audit Watch (IAW), Iskandar Sitorus. Dokumen dugaan keterlibatan artis inisial R ini sudah diserahkan ke KPK.

Melansir laman Otoritas Jasa Keuangan, pencucian uang merupakan upaya menyembunyikan atau menyamarkan uang atau dana yang diperoleh dari suatu aksi kejahatan atau hasil tindak pidana sehingga seolah-olah tampak menjadi harta kekayaan yang sah.

Guru Besar bidang Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Rhenald Kasali, mengungkapkan ada 10 ciri bisnis artis berasal dari pencucian uang. Melansir akun YouTube miliknya, berikut 10 ciri-ciri bisnis artis hasil pencucian uang:

Baca juga
Artis Inisial R di Kasus Rafael Alun Disebut Raffi Ahmad, Ini Kata Hotman Paris

1. Tiba-tiba Usaha Jadi Sangat Besar

Rhenald Kasali menjelaskan, ciri pertama adalah bisnis artis tersebut tiba-tiba besar dan langsung menyedot perhatian khalayak.

2. Easy Money

Ciri kedua menurut Rhenald Kasali adalah sang artis akan mudah sekali mendapatkan uang.

"Kalau easy money itu sangat mudah, yang penting heboh dan bisnisnya cepat karena tujuannya adalah untuk tempat titipan uang. Orangnya yang dapatkan easy money berharta, glamour, beli ferrari atas nama orang lain," kata Rhenald dikutip Minggu, 2 April 2023.

3. Selalu Punya Alibi

Si artis akan memberikan alibi berhasil membeli barang mewah dari usaha yang dilakukan. Padahal pekerjaannya diduga tidak menghasilkan uang sebanyak itu.

Baca juga
Anggota DPR dari Golkar Melchias Mekeng Sebut Tak Masalah Makan Uang Haram Asal Kecil

4. Bukan Bangun Usaha, tapi Bangun New Empire

Artis yang berbisnis dari hasil pencucian uang cenderung membangun kerajaan baru yang besar.

"Orang-orang ini kemudian meninggalkan bisnis konvensionalnya, beralih pada bisnis baru karena di situ ada orang yang beri tahu bagaimana caranya buat bisnis yang tidak dipahami orang lain," kata Rhenald Kasali.

5. Mengaku Modalnya dari Warisan

Sang artis akan mengaku memiliki modal usaha dari warisan dalam membangun bisnisnya. Uniknya, mereka biasanya membuka bisnis di area yang mulai redup dan saat mereka tangani bisnis tersebut tiba-tiba bersinar.

6. Ada Sosok Tersembunyi di Belakang Mereka

"Kadang dia rendah hati, tapi dia beda sekali, orang kaya, dan tidak tersentuh," kata Rhenald Kasali.

Baca juga
Artis Inisial R Diduga Terlibat Pencucian Uang Rafael Alun, Nama Raffi Ahmad Terseret

7. Bisnis Tumbuh Besar, tapi Enggak Punya Keahlian

Sang Artis biasanya hanya mampu menjadi seperti juru bicara dari bisnisnya saja. Tanpa mengetahui bisnis yang mereka jalankan.

8. Mereka Dikelilingi Media Komunikasi

Biasanya, sang artis juga melakukan investasi di sejumlah kanal media. Sehingga jika ada kasus negatif yang menyeret sang artis, maka tidak akan ada berita yang keluar.

9. Terlihat Generous

Sang artis akan tiba-tiba terlihat seperti orang yang dermawan dan gemar sebar uang.

10. Tiba-tiba Bermasalah

Perusahaan yang didirikan dari pencucian uang biasanya akan ada masalah. Mulai karyawan terlibat pidana hingga kasus lainnya.

"Sebab ini adalah orang-orang titipan dari orang tua yang punya tadi dan orang yang punya duit ini cenderung enggak menaruh perhatian untuk bentuk values ke anak-anaknya," ujar Rhenald.

Artikel lainnya: Pernah Ditawar Rp2,5 Miliar, Maaf Rumah Surga Abah Jajang Ini Tak Dijual

 

Related Articles

Berita Terpopuler

Berita Pilihan