Daftar Keluarga Jokowi yang Jadi Pejabat: Gibran Hingga Ketua MK Anwar Usman

  • Arry
  • 17 Okt 2023 11:01
Keluarga Besar Joko Widodo: Kaesang Pangarep, Gibran Rakabuming Raka, dan Kahiyang Ayu beserta suaminya, Bobby Nasution(@matanajwa/instagram)

Ramai di media sosial tagar #tolakdinastipolitik usai putusan Mahkamah Konstitusi yang menyatakan kepala daerah yang belum berusia 40 tahun sudah memenuhi syarat menjadi capres-cawapres.

Putusan MK itu pun dinilai banyak kalangan melanggengkan Gibran Rakabuming Raka untuk ikut dalam Pilpres 2024. Sebab, saat ini, putra sulung Presiden Joko Widodo itu masih berusia 36 tahun.

Netizen pun langsung menyoroti putusan MK yang mengabulkan gugatan dari mahasiswa UNS, Almas Tsaqibbirru, tersebut. Mereka kemudian mendata siapa saja anggota keluarga Jokowi yang menjadi pejabat.

Berikut daftarnya:

Gibran Rakabuming Raka

Gibran Rakabuming adalah putra sulung Presiden Jokowi. Pria kelahiran Surakarta, 1 Oktober 1987 itu menjadi anggota keluarga Jokowi pertama yang terjun ke politik.

Sebelum terjun ke politik, Gibran membuka usaha jualan martabak bernama Markobar. Bisnis ini dijalani bersama dik bungsunya, kaesang Pangarep. Setelah itu, bisnis mereka berkembang dan menggaet pengusaha besar.

Gibran mulai masuk menjadi kader PDI Perjuangan pada 2020. Dia kemudian terpilih menjadi Wali Kota Solo pada 2021.

Baca juga
Gibran Ungkap Arah Dukungan di Pilpres 2024 Sama dengan Kaesang

Masuknya Gibran ke PDIP dan kemudian menjadi Wali Kota Solo mendapat sorotan dari politisi senior PDI Perjuangan, Panda Nababan. Dalam acara The Political Show, Panda membongkar ada cawe-cawe Jokowi dalam terpilihnya Gibran.

Panda menyebut, saat itu PDIP sudah memilih Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa untuk maju di Pilkada Solo. Namun, Jokowi meminta kepada Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri agar memilih Gibran menggantikan Achmad Purnomo.

Panda juga mengungkapkan ada peraturan internal PDIP, seseorang hanya bisa menjadi calon kepala daerah jika sudah menjadi kader PDIP minimal dua tahun. Sementara Gibran mulus menjadi calon wali kota beberapa bulan sebelum Pilkada Solo.

Baca juga
Hakim Saldi Isra Ungkap Putusan Batas Usia Capres Berubah Usai Anwar Usman Ikut Rapat

Gibran mengklaim tidak tahu ada cawe-cawe dari ayahnya. "Enggak tahu. Tanya ke DPP," kata Gibran, 12 Oktober.

"Kita kan melalui semua prosesnya. Fit and proper test dan lain-lain," katanya.

Gibran pun akhinrya terpilih menjadi Wali Kota Solo, meneruskan kejayaan Jokowi yang juga pernah menjabat sebagai orang nomor satu di Surakarta.


Bobby Nasution

Bobby Nasution adalah menantu Presiden Joko Widodo. Pria kelahiran Medan, 5 Juli 1991 itu menikahi anak kedua Jokowi, Kahiyang Ayu pada November 2019.

Bobby memulai kariernya sebagai pengusaha real estate. Dia juga sempat terjun menjadi manajer klub bola asal Medan, Medan Jaya. Pada 2021 Bobby resmi menjabat sebagai Wali Kota Medan.

Baca juga
Momen Bobby Nasution Adang dan Marahi Sopir Angkot yang Tabrak Lari Pemotor

Bobby ternyata juga memiliki keluarga besar politisi. Dua paman Bobby yakni Dahlan Hasan Nasution dan Herry Lontung Siregar adalah politisi senior di Sumatera Utara.

Dahlan Hasan merupakan politisi dari Partai nasDem. Dia bahkan pernah menjabat Bupati Mandailing Natal. Sedangkan Herry Lontung Siregar mantan wakil bupati Tapanuli Selatan yang kini menjabat Sekjen Partai Hanura.


Anwar Usman

Anwar Usman merupakan suami dari Idayati, adik kandung Jokowi. Pria kelahiran Bima 31 desember 1956 itu memulai kariernya sebagai hakim.

Baca juga
Resmi Nikahi Idayati, Ketua MK Anwar Usman Jadi Adik Ipar Presiden Jokowi

Sebagai hakim, Anwar Usman mmiliki sejumlah pengalaman yang banyak hingga ditunjuk sebagai Asisten Hakim Agung. Dia kemudian terpilih menjadi Hakim Konstitusi yang diusulkan Mahkamah Agung.

Anwar Usman menjadi sorotan usai mengabulkan permohonan gugatan batas usia capres-cawapres. Dalam putusannya, MK menyatakan kepala daerah yang belum berusia 40 tahun bisa menjadi capres-cawapres.


Kaesang Pangarep

Kaesang Pangarep adalah putra bungsu Jokowi. Pria kelahiran Surakarta, 25 Desember 1994 itu menjadi anggota keluarga Jokowi yang terjun ke dunia politik dengan menjadi Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia.

Baca juga
Kaesang Pangarep Resmi Jadi Ketum PSI, Sekjen Raja Juli Antoni, Giring Dewan Pembina

Sebelum terjun ke dunia politik, Kaesang memiliki bisnis di bidang kuliner seperti jualan pisang goreng hingga martabak. Suami dari Erina Gudono itu juga menjadi pemilik dari klub bola Persis Solo.

Belakangan nama Kaesang juga digadang-gadang untuk ikut dalam Pemilihan Wali Kota Depok 2025.

Artikel lainnya: Viral Sopir Fortuner Berplat Polri dan Pakai Strobo Ancam Pengendara Pakai Tongkat

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait